Halaman

22 Maret 2012

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1


Judul Buku        : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1
Penulis               : Sri Wahyuni
                              Sutarmin
                              Pramono
Penerbit             : PT Wangsa Jatra Lestari
Tahun Terbit    : 2010
Tebal Isi            : viii + 194 halaman
Ukuran              : 17,6 x 25 cm

Buku ini disajikan dengan memperhitungkan keterkaitan ilmu lingkungan, teknologi, kesehatan, dan masyarakat. Diharapkan, melalui pendidikan jasmani, peserta didik dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan individu secara afektif, perseptif, kognitif, dan emosional dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara garis besar, buku ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Konsep ataupun subkonsep diuraikan dengan bahasa sederhana dan disertai contoh-contoh yang mudah dimengerti peserta didik.
2. Setiap melaksanakan tugas atau praktik olahraga, peserta didik diminta untuk   mengetahui teknik-teknik gerakan yang benar dan guru ikut membantu memberi penjelasan.
3. Pada bagian tertentu diberikan soal latihan untuk didiskusikan secara kelompok dengan maksud :
a. memotivasi peserta didik agar lebih senang melakukan kegiatan olahraga;
b.meningkatkan daya kreativitas peserta didik agar dapat mencapai prestasi yang semaksimal mungkin;
c. menanamkan nilai ketuhanan, kesetiakawanan, toleransi, dan gotong royong.
Pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk jenjang SMP/MTs akan diajarkan beberapa materi yang meliputi sebagai berikut :
1. Permainan dan olahraga meliputi olahraga bola besar dan kecil, atletik, dan bela diri.
2. Aktivitas kebugaran jasmani, senam lantai dan senam irama.
3. Aktivitas air, seperti renang.
4. Kegiatan di alam terbuka, seperti penjelajahan di alam bebas, berkemah.
5. Budaya hidup sehat, seperti pola makanan sehat, penyakit menular, dan beberapa bentuk bencana alam.

Pembelajaran materi dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tersebut diberikan kepada peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran seperti eksploratif (untuk materi kegiatan alam terbuka/penjelajahan), kooperatif (untuk materi praktik permainan dan olahraga, aktivitas kebugaran jasmani, serta aktivitas air bersama temanteman), dan pembiasaan (untuk materi budaya hidup sehat). Selain metode, pendidik juga dapat melakukan dengan metode lain seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, interaktif, dan inkuiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar